Senin, 08 Februari 2016

Jurnal Kain Batik dengan Motif Kesenian Indramayu



KAIN BATIK DENGAN MOTIF KESENIAN INDRAMAYU
Oleh: Istiqomah

ABSTRAK
Batik dari zaman ke zaman semakin berkembang luas baik dari segi modelnya ataupun dari segi motif dan juga pemasarannya. Model batik sudah bisa dilihat di pasaran begitu banyak dari yang duluanya hanya kain sarung, dan baju, sampai sekarang banyak aksesoris- aksesoris yang ada motif batiknya dan sekarang ini hampir semua objek mempunyai motif batik. Motif dan gambar batik berbeda-beda tergantung kota yang mempoduksinya. Indramayu, di kota ini belum banyak motif yang benar-benar  menggambarkan  kebanggaan dari  kota  Indramayu. Batik Indramayu  bisa menambahkan  motif  kesenian  yang  ada di Indramayu agar masyarakat tahu kalau di Indramayu banyak sekali kesenian yang belum mereka tahu selama ini khususnya kaum muda.

A.    PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Batik merupakan salah satu kekayaan seni warisan budaya masa lampau, yang menjadikan Negara Indonesia memiliki ciri khas di mancanegara. Perjalanan batik yang sudah menempuh berabad-abad silam, telah melahirkan berbagai jenis dan motif batik yang khas di setiap daerahnya. Kita sebagai warga Indonesia yang menghargai karya seni warisan budaya harus mengembangkan batik dalam berbagai hal sehingga meluas dan tidak mudah bosan bagi yang memakainya.

Batik sekarang ini mulai di kenal dan di sukai oleh masyarakat luas dan tidak hanya para orang tua saja yang memakai dan menggemari batik tapi banyak juga orang muda yang sudah memakai batik dan mulai menggemarinya. Sekarang juga batik mulai di pasarkan ke kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya sehingga batik Indonesia semakin populer saja setiap waktunya. Karena batik semakin diminati di kalangan berbagai masyarakat, pembuat batik harus semakin kreatif dan produktif agar peminat batik semakin banyak dari tahun ke tahunnya.

Indramayu adalah salah satu kota yang sebagaian masyarakatnya pengrajin batik, motif batik  yang dibuat pengrajin batik di indramayu sudah banyak, sebagian besar motifnya menggambarkan keadaan kota Indramayu, seperti batik Etong, batik swastika, batik kereta kencana, batik merak ngibing, batik kembang gunda dan motif batik lainnya. Tapi di Indramayu belum ada motif batik yang menggabarkan kesenia-kesenian Indramayu yang belum banyak dikenal orang (masyarakat indonesia), khususnya oleh anak-anak muda sekarang.

B.     LANDASAN TEORI
1.      Pengertian Batik
Batik adalah salah satu kekayaan seni warisan budaya yang menjadikan Negara Indonesia memiliki ciri khas di mancanegara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya di proses dengan cara tertentu. Menurut Irwan Tirta, “Batik adalah  teknik menghias kain atau testil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan”. Pengertian Batik menurut Santosa Doellah sebagai berikut:
Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Oleh karena itu, suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik.
Dari pengertian beberapa para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa batik adalah kekayaan seni budaya yang dibuat  dengan  menghias kain atau testil secara tradisional memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.

2.      Pengertian motif
Motif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pola; corak. Salah satu diantara gagasan yang dominan di dalam karya sastra, yang dapat berupa peran, citra berulang atau pola pemakaian kata.

Dapat disimpulkan motif adalah pola atau corak yang dominan di dalam karya sastra.

3.      Pengertian kesenian
Menurut Kuntjaraningrat, “Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia”. William A. Haviland mengatakan “Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu. Ahli lain juga mengatakan tentang pengertian kesenian sebagai berikut:

Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.

Kesimpulan di atas dari para ahli tetang pengertian kesenian yaitu, ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, yang diproses oleh manusia secara kreatif yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia.
4.      Macam-macam kesenian Indramayu
a)    Organ tunggal
Yakni pentas musik di atas panggung dengan menggunakan  Organ  yakni  alat  musik besar seperti piano elektronis.
b)   Tari topeng
Tari topeng adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari.
c)    Sintren
Di Indramayu sendiri, kesenian Sintren dipentaskan pada acara-acara tertentu, misalkan hajatan atau syukuran, atau pentas seni tradisional.
d)   Sandiwara
Adalah sebuah pertunjukan pentasan sebuah cerita atau disebut pula lakon dalam bahasa Jawa. Sebuah sandiwara bisa berdasarkan skenario atau tidak. Apabila tidak, maka semuanya dipentaskan secara spontan dengan banyak improvisasi.
e)    Ngarot
Upacara ini dilaksanakan agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah dan upacara adat ini dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana pesertanya adalah para muda- mudi dengan kostum y ang khas dan aksesoris yang gemerlap.
f)    Nadran
Upacara ini merupakan sebuah cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta dengan berupa ungkapan rasa sukur akan hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil di masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di laut.
g)   Tarling
Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja.

C.    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
1.      Analisis
Batik dengan motif tumbuh-tumbuhan seperti bunga atau  pohon dan hewan laut itu sudah banyak di temukan dan di buat oleh daerah-daerah yang memproduksi batik, begitu juga dengan indramayu. Dan masyarakat juga sudah mulai bosan dengan motif-motif seperti di atas.

Karena pengrajin atau pemroduksi batik tidak hanya di Indramayu, banyak kota-kota di jawa yang lebih terkenal hasil batiknya oleh karena itu pengrajin batik harus kreatif yaitu dengan membuat motif batik berbeda dengan kota-kota lain. Karena pembuatannya di Indramayu maka di buatlah  “kain batik dengan motif kesenian Indramayu”.

Dibandingkan dengan motif lainnya kain batik dengan motif kesenian Indramayu ini akan lebih di sukai oleh masyarakat karena selain motif ini adalah motif  baru atau produk baru  juga karena motifnya unik dan mempunyai nilai seni yang sangat tinggi karena motifnya dari kesenian-kesenian yang ada di Indramayu. Motif ini juga untuk memberitahukan kepada semua orang bahwa kota indramayu yang tidak begitu besar ini mempunyai kesenia-kesenian yang banyak dan unik untuk dinikmati dan dilihat.

2.      Pembahasan
Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.  Dan batik dewasa ini sudah tidak hanya orang tua dan orang  jawa saja peminatnya, batik juga di sukai dan diminati oleh berbagai kalangan  masyarakat  khususnya masyarakat muda dan juga orang perkotaan. Batik sudah mulai berkembang dalam hal modelnya sekarang tidak hanya baju yang memiliki motif  batik tapi juga aksesoris-aksesoris, dan sekarang ini hampir semua objek di beri motif batik. Begitu pula dengan motif atau coraknya yang sudah mulai tidak hanya berpatok pada tumbuhan seperti pohon dan bunga atau  tidak hanya hewan- hewan laut saja. Sekarang motif apapun bisa di buat menjadi kain batik.
Indramayu adalah salah satu kota penghasil batik karena sebagian masyarakatnya adalah pengrajin batik. Indramayu juga adalah kota yang mempunyai banyak sekali kesenian yang patut dibangggakan, dan kesenian-kesenian ini bisa di buat untuk motif batik khas Indramyu. Kain batik dengan motif kesenian Indramayu ini  adalah produk terbaru dan motif batik  ini akan laku di pasaran karena berbeda dari produk daerah lainnya.
Manfaatnya yaitu untuk masyarakat Indramayu-nya sendiri agar menghargai keseniannya-kesenian yang ada di Indramayu. Khususnya anak-anak muda indramayu yang mungkin belum banyak yang tahu tentang kenian yanga ada di daerahnya sendiri. Manfaat untuk masyarakat dari daerah-daerah lainnya atau masyarakat umum kain batik dengan motif kesenian Indramayu ini agar semua mereka mengetahui kalau di Indramayu banya kesenian-kesenian yang menarik dan di daerah mereka tidak punya atau tidak ada.

D.    KESIMPULAN DAN ASARAN
1.      Kesimpulan
Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Batik sudah banyak berkembang dari berbagai segi yaitu, dari segi modelnya yang  sudah banyak dari mulai baju sanpai aksesoris. Batik juga di sukai dan diminati oleh berbagai kalangan  masyarakat dari yang tua sampai yang muda, dan sekarang juga batik mulai masuk ke perkotaan. Dari segi motifnya batik juga mulai banyak berkembang dari yang dulu hanya tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan sekarang sudah mulai berubah.

Batik dengan motif kesenian Indramayu adalah produk baru yang di hasilkan oleh pengrajin batik indaramayu ini banyak manfaatnya. Manfaat untuk warga Indramayu-nya sendiri maupun untuk masyarakat lainnya yang menyukai batik.

2.      Saran
Dengan membaca jurnal ini, pembaca diharapkan mengambil manfaat dan pelajaran dan memahami pengertian tentang batik, motif, dan kesenian juga macam-macam kesenian Indramayu.

Orang yang berhenti belajar adalah pemilik masa lalu, sedangkan orang yang terus balajar adalah pemilik masa depan.

E.     DAFTAR  PUSTAKA
Carapedia. 2014. Pengertian Definisi Kesenian Menurut Para Ahli. (Online). https://carapedia.com [diakses 31 Desember 2015]
Pengertianpakar. 2015. Pengertian Batik dan Jenis-jenis Batik. (Online). http://www.pengertianpakar.com  [diakses 2 Januari 2015]
Panivirgofhandiyansyah. 2014. Seni Budaya Kabupaten Indramayu. (Online). http://panivirgofhandiyansyah.blogspot.co.id [diakses 2 Januari 2015]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar