Senin, 08 Februari 2016

Jurnal Mendesain Kafe dengan Gaya Unik dari Vespa



MENDESAIN KAFE DENGAN GAYA UNIK DARI VESPA
Oleh: Devi Sri Pandini

A.    Abstrak

Di Indonsesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, teetapi cukup menarik dimana seorang bisa makan makanan ringan. Namun dewasa ini bisnis kuliener yang semakin menjamur di indonesia, membuat para pemilik kafe ekstra untuk bisa menarik pelanggan. Maka dari itu muncullah kafe-kafe dengan tema-tema unik.
Strategi pemasaran kafe sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage dengan baik, bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah banyak dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur. Di era modern seperti sekarang ini, Kafe tidak hanya dijadikan untuk tempat untuk makan dan minum, kafe sekarang-sekarang ini sudah menjadi tempat bersantai dengan menyajikan fasilitas-fasilitas seperti pertunjukan music, WIFI gratis dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan strategi yang bagus, akan membuat kafe anda bisa lebih meningkatkan omset penjualan kafe anda. Strategi yang akan kita bahas ini, akan membahas mulai dari pemilihan lokasi, menata ulang koridor kafe, cara promosi, diskon dan banyak yang lainya. Bagi anda yang sedang berusaha meningkatkan pengunjung kafe anda maupun yang ingin meningkatkan omset penjualan kafe anda tidak ada salahnya mencoba ide-ide kreatif seperti mendekor interior kafe anda dengan tema vespa. selain sebagai ajang kekreatifan tema seperti ini memungkinkan kafe anda akan diburu banyak pengunjung.
                       
B.     Pendahuluan
Manusia tidak adapat dipisahkan dengan alat bantu yang biasa disebut transportasi, entah itu tranportasi udara, laut maupun darat. Alat ini mampu membantu keefektifan dalam aktifitas sehari-hari. Mengirim barang, memindahkan barang dari satu tempat ketempat lain atau mempermudah kita menuju ketempat yang jauh seklipun yang akan memakan waktu lama jika dilakukan dengan berjalan kaki. Dari berbagai bentuk dan tranformasi yang di suguhkan salah satu diantaranya kita mengenal kendaraan beroda dua dengan ciri umum meletakan mesin dibagian kanan motor dan memiliki cangkang seperti keong, apalagi kalau bukan Vespa namanya. Vespa hadir ketengah-tengah masyarakat indonesia dengan varian bentuk yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan vespa klasik, vespa standar, vespa piago, vespa ceper dan yang baru-baru ini sedang hangat diperbicangkan adalah vespa ekstrim. Vespa ekstrim tidak jarang di disign seperti motor ceper, akan tetapi lebih antik lagi. Lebih panjang, lebih lebar dan lebih ekstrim sesuai dengan namanya.
Bagi anda seorang pecinta vespa tidak akan lengkap jika menikmatinya tanpa duduk bersantai dengan makanan dan minuman di hadapan anda. untuk itu cobalah membuka bisnis yang berbeda dari yang lainnya. Selain sebagai ajang berkumpul bersama membuat kafe dengan tema vespa akan menjadi pusat perhatian yang mendatangkan keuntungan bagi anda. sebaiknya coba beberapa trik mendesian kafe anda dengan tema yang tidak banyak di gunakan oleh kafe-kafe pada umumnya. Jika kebanyakan kafe disekitar anda memilih tema dengan gaya gelamor, atau kebarat-baratan. Cobalah anda membuka kafe dengan tema barang-barang antik seperti vespa.
Namun membukanya saja tidaklah cukup kalau tidak di imbngi dengan strategi yang tepat. Strategi pemasaran kafe sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage dengan baik, bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah banyak dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur. untuk itu hal-hal yang serupa akan dibahas dalam penulisan kali ini. bagaimana mendesain dengan tema vespa dan bagaimana pengaruhnya terhadap hasil penjualan.

C.     Kajian Teori
Ø  Kafe
Menurut wikipedia, kafe dari bahasa Prancis cafe. Arti secara harfiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat dimana seseoranng bisa minum-minum, tidak hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkohol rendah. Di Indonsesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, teetapi cukup menarik dimana seorang bisa makan makanan ringan. Namun dewasa ini bisnis kuliener yang semakin menjamur di indonesia, membuat para pemilik kafe ekstra untuk bisa menarik pelanggan. Maka dari itu muncullah kafe-kafe dengan tema-tema unik.
Strategi pemasaran kafe sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage dengan baik, bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah banyak dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur. Di era modern seperti sekarang ini, Kafe tidak hanya dijadikan untuk tempat untuk makan dan minum, kafe sekarang-sekarang ini sudah menjadi tempat bersantai dengan menyajikan fasilitas-fasilitas seperti pertunjukan music, WIFI gratis dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan strategi yang bagus, akan membuat kafe anda bisa lebih meningkatkan omset penjualan kafe anda. Strategi yang akan kita bahas ini, akan membahas mulai dari pemilihan lokasi, cara promosi, diskon dan banyak yang lainya. Bagi anda yang sedang berusaha meningkatkan pengunjung kafe anda maupun yang ingin meningkatkan omset penjualan kafe anda, anda bisa baca strategi pemasaran kafe berikut ini :
Ø  strategi pemasaran kafe
Persiapan:
Beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk menerapkan strategi pemasaran kafe yang bagus adalah sebagai berikut :

·         Pilihlah lokasi yang strategis. Lakukan pertimbangan yang matang dalam hal ini karena pemilihan lokasi dapat menentukan perkembangan kafe selanjutnya. Pilihlah lokasi yang sedekat mungkin dengan pusat keramaian anak-anak muda, seperti sekolah, kampus, dan sebagainya.

·         Dapatkan modal. Usaha semacam ini memang diakui memerlukan jumlah modal yang cukup besar. Pengeluaran awal untuk belanja dekorasi serta perlengkapan kafe bisa mencapai ratusan juta. Untuk Anda yang memiliki modal yang pas-pasan, tentukan prioritas dalam desain interior serta eksterior. Namun, jangan khawatir dengan semua ‘pengorbanan’ ini karena jika usaha kafe Anda berjalan lancar, keuntungan bisa berlipat-lipat dari modal awal.
·         Biaya operasional harus diperhitungkan. Adalah sebuah keharusan untuk memasukkan perhitungan pengeluaran operasional ke dalam catatan keuangan pengelolaan kafe Anda.
·         Jangan lupa untuk mengadakan sebuah survei kecil untuk mengetahui menu apa yang harus Anda sajikan bagi pengunjung. Anda bisa melakukannya dengan berkunjung ke kafe-kafe lain, untuk melihat makanan apa yang paling laku. Bersiaplah dengan promosi kafe dengan berbagai macam cara seperti pamflet, booklet, brosur,dan sebagainya.
Mengelola kafe mustahil dilakukan seorang diri. Jika Anda memang memiliki modal, rekrutlah 2-3 orang untuk membantu operasionalisasi kafe. Namun jika modal yang Anda miliki terbatas, bisa juga Anda mengajak anggota keluarga atau teman dekat untuk membantu Anda.
Langkah-langkah marketing:
Promosikan kafe Anda dengan memperkenalkannya kepada komunitas-komunitas tertentu, sesuai dengan segmen yang Anda bidik. Misalnya jika Anda membidik pasar anak muda, akan lebih efektif berpromosi dalam organisasi-organisasi, kampus, atau kantor yang dipenuhi mahasiswa atau karyawan dengan segmen usia yang Anda sasar.
Promosikan secara konvensional (word of mouth / dari mulut ke mulut). Walaupun terasa kuno, namun cara berpromosi seperti ini selalu berhasil mengundang perhatian banyak orang untuk mengunjungi kafe Anda. Milikilah sebuah kekhasan atau keunikan yang membuat orang tertarik. Pelayanan yang cepat dan tempat yang nyaman mungkin bagi banyak orang adalah kekhasan tetapi sesungguhnya bukan karena hampir semua kafe bisa melakukannya.
Gunakan layanan Short Message Service. Berikan sebuah nomor yang bisa dihubungi dengan pesan singkat untuk layanan pesan-antar makanan atau reservasi tempat.
Internet juga bisa menjadi media promosi yang efektif. Buatlah mailing list atau iklan di situs. Atau lebih baik lagi jika kafe Anda memiliki situs yang terus diperbarui kontennya, sehingga pelanggan tahu apa saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda.
Keramahan Anda dalam melayani pelanggan tidak bisa disepelekan. Jangan segan-segan menemui pelanggan dan bercakap-cakap dengan mereka untuk mengetahui saran dan keluhan yang mereka miliki.
Memiliki menu unik akan menambah daya tarik kafe Anda. Untuk itulah Anda harus kreatif dan memiliki seorang koki atau juru masak yang berani bereksperimen.
Perkembangan kafe di Indonesia sangat pesan sekarang ini, belum lagi ditambah dengan munculnya kafe-kafe dengan menu yang semakin murah meriah. Tidaklah semua strategi tadi harus anda lakukan semua, anda bisa memilah milah strategi mana yang cocok untuk perkembangan kafe anda.
Ø  Mendesain kafe
·         Ciptakan suasana dengan warna
Warna merupakan refleksi sesuatu. Warna yang Anda pilih akan berdampak pada suasana hati para pelanggan. Orang datang ke kafe bukan hanya sekedar menikmati minuman dan makanan, namun juga untuk menenangkan hati. Pemilihan warna akan membuat pelanggan menjadi energik atau malah merasa tenang berada di kafe Anda. Misalnya saja desain dengan nuansa warna biru muda yang dapat menciptakan suasana tenang dan nyaman, bisa Anda padukan dengan warna lantai yang terang dan energik, untuk menghindarkan dari kebosanan dan monoton.
Perpaduan lembut dan dinamis akan membuat pelanggan betah berlama-lama berada di kafe karena ruang yang luas untuk melepas beban. Jika aAda menginginkan suasana hangat dan lebih intim, Anda bisa memberi warna coklat dan sedikit kesan kayu pada dinding kafe. Semua bisa disesuaikan dengan tema dan selera yang ingin Anda terapkan.

·         Fokus pada dinding dan langit-langit
Dinding dan langit-langit adalah yang utama dalam mendekorasi kafe baru Anda. Jika merasa bosan dan kurang senang dengan warna tembok yang biasa, Anda bisa menggantinya dengan wallpaper atau wallcover yang sesuai dengan tema kafe yang diinginkan, karena kafe tersebut adalah area untuk para tamu yang notabene adalah tempat umum. Berikan kesan ramah dengan pengaplikasian wallcover yang elegan dengan tekstur tertentu sesuai selera Anda.
Langit-langit kafe juga harus mendapat perhatian, karena akan mendukung tampilan tembok yang sudah Anda desain. Hal ini akan semakin menguatkan pesan dan kesan apa yang ingin ditunjukkan pada para tamu. Langit-langit kafe bisa Anda buat transparan, sehingga jika malam hari, para tamu akan bisa melihat suasana temaram bertabur bintang.

·         Pilih lantai yang penuh gaya
   Antara dinding, langit-langit dan lantai, memiliki hubungan unik yang bisa Anda manfaatkan untuk semakin mempertegas karakter yang seperti apa yang ingin disampaikan pada pelanggan. Jika Anda tidak menginginkan lantai ang mencolok, Anda bisa memilih warna yang netral dari bahan yang tidak terlalu memberatkan.
Hal ini dapat membuat dekorasi pada tembok dan langit-langit semakin terlihat dan tajam serta dapat memusatkan perhatian pada furniture yang ada di sekeliling. Kafe dengan lantai kayu lebih memberi kesan alami yang menambah estetika. Anda bisa mengaplikasikannya pada kafe, bisa pula diganti dengan keramik ataupun dilapisi dengan karpet di semua sisi.

·         Buat poin penting di sudut kafe
Dalam sebuah bangunan pasti memiliki sudut penting yang difokuskan untuk didesain. Misalnya saja jika Anda menginginkan sebuah kafe yang unik dengan nuansa vintage, bisa aAda desain dibagian sudut ruangan dengan karya karya yang sedikit usang dengan dominan warna kayu. Atau bisa Anda buat detail di bagian bar dengan hiasan yang kuno. Detail desain yang seperti itu akan menambah suasana hangat dan homie, yang bisa Anda pakai sebagai karakter yang ingin dibangun mengenai kafe Anda. Jika menginkan jenis kafe yang terbuka dan berpadu dengan alam, bisa ditambahkan kaca dengan rembesan air yang turun dari atasnya sehingga memberi nuansa sejuk yang menyenangkan.
·         Fokus pada lampu
Lampu bisa membawa Anda pada suasana baru yang lebih menenangkan. Untuk desain pada kafe, lampu yang tepat digunakan adalah warna kuning atau lampu pijar. Lampu pijar yang memberi cahaya tak terlalu terang sehingga akan memberi eksotika tersendiri jika dipadu dengan lantai kayu yang Anda aplikasikan sebelumnya. Lampu dalam ruangan dapat pula Anda pilihkan dengan sedikit aksen kristal sederhana sehingga nantinya kesan mewah masih terlihat. Kafe yang baik akan memberi pelayanan tempat yang memuaskan untuk pelanggannya.
·         Hiasi dengan pajangan dan karya seni
Karya seni akan membuat kafe Anda memiliki warna dalam pelestarian seni dan budaya. Karya seni yang Anda letakkan di sudut kafe akan lebih menarik pelanggan untuk mengamati dan menikmatinya. Seni ini bisa berupa lukisan, hasil fotografi, dan kerajinan gerabah yang bernilai tinggi. Barang-barang yang Anda pajang tersebut akan bisa mengapresiasikan bentuk kecintaan pada kesenian. Hal lain yang bisa Anda pajang di kafe sebagai pelengkap adalah foto-foto para pahlawan sebagai inspirasi yang akan menjadi trademark kafe ke depannya. Sehingga selain dikenal pecinta kesenian, Anda pun akan dianggap menghargai jasa para pahlawan.
·         Lengkapi dengan home band
Walaupun tidak ada penyanyi atau band yang akan menghibur di kafe Anda, ada baiknya menghiasinya dengan peralatan band mulai dari gitar, organ, hingga drum. Ini sangat berguna sebagai pelengkap kesan yang akan anda tunjukkan pada para tamu. Home band akan bisa membuat tamu merasa nyaman dan betah berlama lama di kafe Anda karena adanya hiburan yang mereka terima.
·         Beri ruang hijau
Banyak sekali kafe yang bertebaran di daerah perkotaan yang selalu menggunakan aksen modernisme dan berkilau untuk menunjukkan kelas mereka sebagai tempat berkumpul orang-orang yang banyak uangnya. Anda harus bisa menyisipkan ruang hijau sebagai bagian dari kafe Anda.
Jika tidak memiliki tempat yang longgar, Anda bisa mengakalinya dengan menanam rerumputan di luar pintu masuk. Rerumputan yang hijau akan membuat suasana menjadi sejuk dan tidak panas. Keadaan seperti itu akan membuat para tamu semakin nyaman berada di kafe Andaa
·         Bersatu dengan alam
Alternatif lain yang bisa dipakai adalah dengan tidak memberi batasan dengan alam. Anda bisa membuat kafe yang berbatasan langsung dengan alam yang indah dengan membuka jendela besar yang ada dan menghilangkannya sehingga antara alam dan bangunan seakan tidak ada jarak. Tempat yang dibuat menyatu dengan alam akan lebih menyenangkan untuk disinggahi. Kafe menjadi tempat dan sarana bergaul yang menjadi idola. Hal ini karena kafe menyediakan tempat yang nyaman yang bisa digunakan untuk berbincang dan membahas berbagai hal yang diinginkan. Tata ruang yang ada akan menambah daya tarik dan kenyamanan untuk para tamu. Jika ingin bisnis kafe Anda semakin maju dan memiliki banyak pelanggan, ada baiknya Anda mencoba untuk menata ulang interior dan tata ruang kafe Anda.
Hal ini karena kafe yang dijual adalah mengenai kenyamanan tempat dan makanan yang disajikan. Anda bisa mengunggulkan keduanya sebagai nilai jual, ataupun salah satunya. Namun yang paling penting adalah tempat nyaman yang memiliki desain dan perabot unik yang nantinya bisa membuat pelanggan betah berlama lama berada di sana.
Ø  Vespa
Bagi pengguna kendaraan bermotor pasti mengenal dan pernah mendengar kata “vespa”, vespa adalah motor tua yang sangat familiar, scooter tua yang  masih eksis sampai di era modern ini masih sering terlihat menghiasi jalan-jalan di Ibu kota, bentuk body yang unik dan design yang menarik membuat vespa tetap diminati dan menjadi pusat perhatian di jalan.
vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, inilah yang membuat vespa bisa bertahan sampai sekarang, bentuk body yang unik dan sejarah yang dimilikinya, membuat vespa berbeda dengan kendaraan roda dua lainnya, para pengguna vespa dari jaman dulu sampai sekarang terus bertambah, karena vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, maka muncul lah komunitas-komunitas vespa di Indonesia, inilah yang membuat perkembangan vespa sangat pesat di Indonesia.
 Inilah Sejarah Vespa Piaggio dan Perkembangan Model Vespa Klasik ke Modern
·         Sejarah Vespa Berawal dari Pabrik Pesawat Terbang
Pasti Anda tahu Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor Vespa. Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 di Genoa. Pada awalnya pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya waktu, Piaggio juga memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api, mobil vans, trem, dan body karoseri truk. Perang Dunia ke I berpengaruh juga pada perkembangan Piaggio yang memproduksi pesawat terbang. Pada tahun 1917 Piaggio membangun pabrik di Pisa tepatnya di Pontedera dan menjadi pusat produksi pesawat (propellers, mesin pesawat, dan aircraft) hingga setelah Perang Dunia II lahirnya produk otomotif yang fenomenal yaitu Vespa.

Sejarah Vespa Piaggio
Perang Dunia ke II menjadikan perekonomian Italia sangat terpuruk. Hal ini juga berimbas pada Piaggio. Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu. Walaupun pabriknya sudah hancur dibom, perusahaan ini tidak berhenti saat itu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan perusahaan ini. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat terbang dan beralih memproduksi alat transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan harga terjangkau.
·         Photo credit (Prototype Vespa MP5/Paperino)
Enrico Piaggio menggandeng insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah sebuah prototype Vespa yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan meminta Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.

·         Vespa MP6 Prototipe
Corradino D’Ascanio sendiri tidak suka dengan desain model motor yang umum karena membuat pakaian menjadi kotor saat mengendarainya terutama celana yang sering terkena rantai dan mesin motor. Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan bermotor yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa rantai dan mempunyai body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia juga meletakkan perpindahan gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model vespa ini diberi nama MP6 dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai Vespa (bahasa Italia artinya lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi model vespa berikutnya.

§  Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia.
·         Vespa Kongo
Tahukah Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun, seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur. Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.

Model Vespa Klasik dan Model Vespa Modern Sekarang
   Pada awal-awal pembuatan Vespa hanya mempunyai kapasitas mesin sebesar 98 cc dan kecepatan hanya sekitar 65 – 75 km/jam. Seiring berjalannya waktu Vespa terus berkembang, hingga tahun 1955 diproduksi Vespa pertama yang mempunyai kapasitas mesin 150 cc dan mempunyai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Vespa 150 GS.
Vespa GS (Photo credit)
Model Vespa tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuat, hanya pada letak lampunya saja yang berubah yang awalnya terletak di spakbor roda depan menjadi di bagian stang Vespa. Model Vespa yang paling banyak digemari adalah Vespa Sprint, Vespa PX, dan Vespa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio pertama kali mengeluarkan produk Vespa Matic (automatic transmission) yang disebut Vespa PK 50S Automatic.
Vespa PK 50S (Photo credit)
Vespa 4 tak yang pertama kali dibuat adalaha Vespa ET 125cc pada tahun 1996 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun Vespa.
Vespa ET4 125 cc (Photo credit)
Memasuki millennium ke-20, Piaggio membuat produk Vespa yang memenuhi standar emisi Euro2 seperti Vespa ET, Vespa GT, Vespa GTS, Vespa PX 125, Vespa LX 150,
Vespa Sprint 125, dan Vespa Primavera.
    Terakhir, model vespa yang akhir-akhir ini sdengan banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia, yaitu vespa Ekstrim. Yaitu kendaraan dengan bnyak varian betuk dengan posisi duduk sejajar antara tubuh dan kaki. Vespa yang satu ini memiliki bodi yang super pendek, kadang memanjang dan lebar terserah selera pemakai. Hanya beberapa saenti saja dari permukaan jalan sehingga bukan vespa ekstrim kalau tidak bergesekan dengan pemotong jalan atau polisi tidur. Biasanya body vespa ini dihias dengan sampah atau barang-barang yang sudah tidak terpakai. Entah itu ditemukan dijalan atau memang sengaja dipasang dari barang-barang rumah yang sudah tidak layak pakai. Hal seperti ini yang menimbulkan kesalah pahaman, etikad baik pengguna vespa ini tidak jarang menimbulkan kontroversi bagi masyarakat yang pro dan kontra terhadap mereka.

D.    Analisis Pembahasan

Bagi anda pemula usaha kafe, sebaiknya coba beberapa trik mendesian kafe anda dengan tema yang tidak banyak di gunakan oleh kafe-kafe pada umumnya. Jika kebanyakan kafe disekitar anda memilih tema dengan gaya gelamor, atau kebarat-baratan. Cobalah anda membuka kafe dengan tema barang-barang antik seperti vespa. Selain sebagai suasana yang baru, kafe seperti ini akan menjadi peluang  besar bagi anda untuk mengundang orang-orang untuk datang ke kafe, terutama bagi mereka yang punya hobi bervespa. Buat suasana senyaman mungkin, lengakpilah dengan fasilitas yang menunjang kekhasan kafe anda.
Cara-cara mendesain kafe dengan tema vespa, yaitu :
1.      Cari tempat yang strategis dan usakan dekat dengan keramaian.
2.      Mulailah dengan berinfestasi dengan membeli beberapa vespa atau barang-barang antik lainnya untuk dijadikan koleksi unik di dalam kafe anda.
3.      jika tidak, bisa anda ganti dengan seni mengecat beberapa bagian dinding anda dengan gambar vespa dan hal sejenisnya.
4.      Pastikan semua ruangan tertata rapi penuh dengan keunikan.
5.      Kumpulkan beberapa aksesoris-aksesoris yang berkenaan dengan vespa.
6.      Susun menu-menu koleksi kafe anda dengan variasi nama-nama yang biasa digunakan pengguna vespa. Misalnya saja anda menyediakan menu eskrim troble, yaitu eskrim dengan berbagai rasa. atau variasi-variasi nama lainnya yang membuat menu anda terlihat lebih menarik lagi.
7.      Sediakan hospot atau WIFI.
8.      Tambahkan juga dengan alat-alat musik sebagai sarana pelengkap fasilitas kafe anda.
9.      Berikan pelayanan terbaik dengan mengonsep pelayan agar menggunakan 4S1R (senyum, sapa, sopan, santun, ramah)
10.  Buatlah strategi pengundian hadiah setiap minggu atau bulan sebagai bentuk penghargaan terhadap pelanggan setia kafe, dan lain sebagainya.
11.  Bisa juga dengan memberi hadiah terhadap kendaraan terunik milik pengunjung.
12.  Sebar informasi sebanyak-banyaknya mengenai kafe vespa ini melalui sosial media, brosur, atau bersosialisasi langsung ke tempat-tempat terbuka seperti taman dan temapt-tempat lain yang ramai. Terutama kepada pengguna-pengguna vespa.
13.  dan yang paling khusu di kafe vespa ini adalah atur strategi tempat duduk dengan terbuka. wajibkan setiap pengunjung untuk saling kenal satu sama lain.

Hal-hal yang harus diwaspadai :
     Mengingat bahwa pelanggan kafe anda tidak hanay pengguna vespa saja, melainkan masyarakat umum. Terlebih dahulu anda memikirkan resiko atas bisnis seperti ini. Terkadang orang selalu menilai dari apa yang tampak dari pada menilai dari apa yang diketahui, misalnya ada saja pelanggan yang terlalu sensitif terhadap sikap atau penampilan dari komunitas pengguna vespa  lalu memilih meninggalkan kafe anda, tentunya kemungkinan-kemungkinan seperti itu akan membuat kalian menjadi bingung. Oleh karena itu buat peraturan seadil mungkin, sekreatif mungkin dan usahakan menabah nilai jual kafe anda.
Peraturan-peraturan yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut:
1.      Wajibkan kepada setiap pengunjung kafe anda untuk menaati peraturan yang ada.
2.      Bersikaplah disiplin terhadap siapa saja yang datang.
3.      Dilarang membuat kekacauan atau keributan sekecil mungkin.
4.      Pengunjung boleh melapr kepada pihak kafe jika mengalami ketidak nyamanan yang ditimbulkan oleh pengujung lain.
5.      Manfaatkan kafe ini sebagai ajang pengikat silahturahmi seluruh pengunjung. Dengan selogan “Satu vespa sejuta saudara ”, arti saudara disni bukan sekedar pengguna vespa saja melainkan seluruh pengunjung, agar bisa sama-sama merasakan nikmatnya kebersamaan tanpa ada jarak.
6.      Peringatkan setiap waktu agar pengunjung anda ikut berpartisipasi menjaga kebersihan dan kerapihan kafe melalui tulisan “sadar lingkungan bersama vespa” atau tulisan-tulisan lain yang menunjang makna yang sama. Hal seperti ini memungkinkan munculnya sikap saling tenggang rasa setiap pengunjung.
7.       Dilarang membawa, menjual, atau menggunakan yang sifatnya terlarang. Misalnya minuman keras, obat terlarang, atau lain-lainnya.
Sehubungan dengan minat-minat masyarakat akhir-akhir ini yaitu mengunjungi setiap temapat yang baru, yang dirasa unik dan menarik. Entah itu dari sajian menunya, pelayanannya atau juga dari temapat dan keunikannya. Strategi yang tepat, pemilihan tema yang unik dan ide-ide cemerlang lainnya yang digunakan dalam mendesain kafe vespa diatas bisa kalian coba untuk meraih peruntungan di dunia bisnis ini. selamat mencoba dan rasakan sensasi yang berbeda. semoga saja ide-ide seperti ini dapat dikembangkan dan menjadi inspirasi bagi perintis-perintis pebisnis muda di indonesia dan sebagainya.

E.     Penutup
simpulan
untuk anda penggemar vespa tetapi kurang lengkap jika tidak ada makananatau minuman yang mendampingi anda bersantai. cobalah memulai bisnis membuka kafe. selain sebagai ajang silatuhrami, bisnis ini juga bisa saja membawa keuntungan bagi anda sendiri. Buatlah desain kafe anda dengan menarik dengan tata ruang yang ada akan menambah daya tarik dan kenyamanan untuk para tamu. Jika ingin bisnis kafe Anda semakin maju dan memiliki banyak pelanggan, ada baiknya Anda mencoba untuk menata ulang interior dan tata ruang kafe Anda dengan tema Vespa.  Hal ini karena kafe yang dijual adalah mengenai kenyamanan tempat dan makanan yang disajikan. Anda bisa mengunggulkan keduanya sebagai nilai jual, ataupun salah satunya. Namun yang paling penting adalah tempat nyaman yang memiliki desain dan perabot unik yang nantinya bisa membuat pelanggan betah berlama lama berada di sana.

DAFTAR PUSTAKA
http://kopiunik.com/strategi-peasaran-kafe.html (diakses pada tanggal 25 Desember 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar