Senin, 08 Februari 2016

Jurnal Perbedaan Alat Transportasi Tradisional dengan Alat Transportasi Modern



PERBEDAAN ALAT TRANSPORTASI TRADISIONAL DENGAN ALAT TRANSPORTASI MODERN
Oleh: Jamziyah
           ABSTRAK
Alat transportasi merupakan pemindahan barang dari tempat yang satu ketempat yang lain atau pemindahan barang ketempat dimanapun yang kita inginkan, sedangkan menurut beberapa ahli alat transporasti diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan (menurut Utomo). Sedangkan menurut Sukarto, transportasi adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau), atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination). Sedangkan berdasarkan UU No. 14 tahun 1992 yang dimaksud dengan peralatan teknik dapat berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan. Pengertian kata berada dalam ketentuan ini adalah terpasang pada tempat sesuai dengan fungsinya.
Dizaman yang modern ini alat transporasi semakin beragam jenisnya, sehingga banyak masyarakat yang memilikinya karena variasinya yang sangat menarik dan modelnya bagus. Alat transportasi hampir setiap tahun ada produk yang dikeluarkan,mengapa demikian? Karena alat transportasi semakin diminati oelh masyarakat karena dengan adanya alat transportasi memudahkan masyarakat kemanapun yang diingikan. Di dalam transportasi, terdapat unsur-unsur yang terkait erat dalam berjalannya konsep transportasi itu sendiri. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:
·         Manusia yang membutuhkan
·         Barang yang dibutuhkan
·         Kendaraan sebagai alat/sarana
·         Jalan dan terminal sebagai prasarana transportasi
·         Organisasi (pengelola transportasi) 

A.    Pendahuluan
Alat transportasi merupakan pemindahan barang dari tempat yang satu ketempat yang lain atau pemindahan barang ketempat dimanapun yang kita inginkan, sedangkan menurut beberapa ahli alat transporasti diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan (menurut Utomo). Sedangkan menurut Sukarto, transportasi adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau), atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination). Sedangkan berdasarkan UU No. 14 tahun 1992 yang dimaksud dengan peralatan teknik dapat berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan. Pengertian kata berada dalam ketentuan ini adalah terpasang pada tempat sesuai dengan fungsinya.
Dizaman yang modern ini alat transporasi semakin beragam jenisnya, sehingga banyak masyarakat yang memilikinya karena variasinya yang sangat menarik dan modelnya bagus. Alat transportasi hampir setiap tahun ada produk yang dikeluarkan,mengapa demikian? Karena alat transportasi semakin diminati oelh masyarakat karena dengan adanya alat transportasi memudahkan masyarakat kemanapun yang diingikan.

B.     Kajian Pustaka
Alat transportasi merupakan kebutuhan jasmani bagi setiap manusia, karena dengan adanya alat transportasi kita bisa memindahkan barang dari tempat satu ketempat yang lainnya, buakan hanya itu alat transportasi juga bisa menghantarkan kita ketempat yang kita ingin samapi keluar negri pun bisa ditempuh dengan adanya alat transportasi tersebut, pada zaman dahulu alat transportasi hanya sedikit jenisnya, jenisnya pun masih unik dan kita bisa menghantarkan kita terlalu jauh.
Sedangkan alat transportasi di zaman yang modern ini sudah banyak jenis dan model  yang bervariasi. Mengapa alat transportasi di zaman dahulu dan zaman modern berbeda? Dilihat dari kebutuhan masyarakat dan perkembangkan ekonomi di Indonesia semakin meningkat, maka disitulah alat transportasi semakin berkembang, dahulu alat transportasi sulit kita dapatkan karena kurangnya perekonomian warga, jangankan untuk membeli alat transportasi buat makan pun susah, jadi alat transportasi di zaman dahulu hanya sedikit. Akan tetapi setelah Indonesia merdeka dan perekonomian masyarakat Indonesia berkembang alat transportasi berkembang, karena warga negara Indonesia semakin membutuhkan alat transportasi untuk pergi kemanapun yang di inginkannya dari pergi ke tempat kerja sampai pergi jalan-jalan yang diinginkannya. Alat transportasi zaman dahulu kini di modif lagi menjadi lebih bagus contohnya motor yang dahulu hanya beberapa saja, kini sudah banyak variasi motor yang bagus-bagus dan modern setiap tahunnya.

C.    Analisis dan Pembahasan
Kita sudah tahu di indonesia banyak sekali alat transportasi dari yang roda dua, roda tiga sampai dengan roda empat, apalagi sekarang di zaman yang sudah modern lebih banyak sekali alat transportasi yang ada di negara kita. Melihat dari artikel yang dulu saya buat, saya mengambil salah satu judul alat transportasi yaitu motor. Motor adalah salah satu kendaraan roda dua yang ada di Indonesia, kendaraan motor zaman dahulu hanya beberapa, dibandingkan dengan sekarang motor sudah banyak sekali dari motor biasa, motor balap, motor gunung samapi dengan sepeda motor. Itu semua sudah kita ketahui karena zaman semakin modern ini. Motor yang pertama kali keluar bernama motor bebek dengan bentuk yang sangat sederhana, tetapi dengan mesin yang sangat bagus. Akan tetapi motor bebek pada zaman dahulu kurang diminati oleh masyarakat, karena kebutuhan ekonomi masyarakat zaman dahulu sangat kurang, jangankan untuk membeli sebuah motor, untuk makan dan minum saja susah. Berbeda dengan sekarang hampir semua masyarakat Indonesia memiliki motor dan bukan hanya memiliki satu motor bisa lebih dari dua sampai dengan tiga. Karena melihat kebutuhan masyarakat yang sangat membludak sehingga setiap tahun motor diproduksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Menurut masyarakat Motor sudah harus menjadi kebutuhan jasmani yang harus dimiliki, mengapa  demikian? Kerena dengan adanya Motor masyarakat lebih mudah melakukan apa saja dari yang pergi ke kantor, menghantarkan anak kesekolah, mengahntarkan barang dari tempat satu ke tempat yang lainnya, hingga pergi jalan-jalan kemanapun yang kita ingin itu bisa. Bukan hanya motor yang ada di zaman dahulu dan sekarang akan tetapi masih banyak lagi, disini saya akan memberitahu alat transportasi pada zaman dahulu hingga sekarang, berikut alat transportasi yang ada di zaman dahulu dengan sekarang, di antaranya:
1.      Kendaraan Zaman Dahulu
a.      Sepeda
Sepeda adalah kendaraan track-tunggal bertenaga manusia, yang memiliki dua roda yang melekat pada bingkai. Sepeda diperkenalkan pada abad ke-19 di Eropa dan, pada tahun 2003, lebih dari satu miliar telah diproduksi di seluruh dunia, dua kali jumlah mobil yang telah diproduksi. Sepeda merupakan alat transportasi utama  di berbagai daerah. Selain untuk alat transportasi, sepeda juga menjadi bentuk rekreasi populer, dan telah diadaptasi untuk digunakan sebagai mainan anak-anak, kebugaran umum, aplikasi militer dan polisi, jasa kurir, dan balap sepeda.
b.      Becak
Becak yang bersal dari bahasa Hokkien yang berarti "kereta kuda" adalah suatu alat transportasi darat beroda tiga yang banyak ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak umumnya adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi
c.       Helicak
Helicak adalah alat transportasi yang berasal dari skuter Lambretta asal Italia. Nama helicak sendiri berasal dari gabungan kata Helikopter dan Becak.
Helicak beroperasi pada masa kepemipinan Gubernur (Alm.) Ali Sadikin untuk menggantikan becak yang dianggap tidak manusiawi. Bentuk helicak sendiri mirip dengan becak, namun bagian depan helicak tertutup dan menggunakan mesin sebagai penggeraknya. keberadaan helicak tidak bertahan lama, karena pemda Jakarta tidak konsisten dalam pengembangannya. Saat ini helicak masih bisa ditemui di daerah Kemayoran.
d.      Bemo
Bemo asal mula nama bemo berasal dari kata Becak Motor. Bemo merupakan salah satu produk dari produsen besar otomotif Jepang yaitu Daihatsu dengan nama Daihatsu Midget. Keberadaan bemo sendiri dimaksudkan untuk mengantikan keberadaan becak dan helicak karena kapasitasnya yang lebih besar dapat memuat lima sampai enam orang sekaligus. Bemo pertama kali muncul di Jakarta pada tahun 1962. Bemo sempat menjadi alat transportasi favorit masyarakat pada era 60-an, 70-an, sampai awal 80-an sebelum banyakknya keberadaan angkot.
e.       Delman
Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang, kereta kencana dan kereta kuda. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Delman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado'.
f.       Oplet
Oplet Merupakan kendaraan yang identik dengan salah satu judul film besutan H. Rano Karno "Si Doel Anak Sekolahan". Jika dibandingkan dengan bemo, oplet jauh lebih nyaman ketimbang bemo. Selain luas,oplet juga tidak berisik. Kebanyakan oplet berasal dari produk Morris dan Austin. Yang unik dari oplet yaitu hampir seluruh bodynya terbuat dari kayu. Oplet kini tidak beroperasi lagi, dan saat ini banyak diburu kolektor sebagai barang koleksi.
g.      Bis Tingkat
Kendaraan yang satu ini memiliki pengagum tersendiri. Sensasi ketika naik dilantai atas tidak dapat dirasakan ketika menaiki bis pada umumnya. Bis tingkat sendiri memiliki dua keuntungan yaitu efisiensi tempat dan alat transportasi yang cocok digunakan untuk pariwisata. Namun, keberadaan bis tingkat dihapuskan karena beberapa faktor, antara lain sulit dan mahalnya suku cadang, kurangnya keseimbangan, lambat jalannya, dan tidak cocok untuk kondisi jalan Jakarta saat ini. Tapi jika anda masih penasaran dengan sensasi naik bis tingkat anda bisa jalan-jalan ke kota Solo. Disana bis tingkat masih dioperasikan untuk tujuan wisata.
h.      Trem
Trem adalah sarana transportasi di Jakarta pada masa Hindia Belanda saat Jakarta masih bernama Batavia. Trem pertama kali digerakan menggunakan tenaga kuda. Meski digerakan dengan tenaga kuda namun mampu melayani rute yang lumayan jauh yaitu dari pasar ikan ke kwitang. Pada tahun 1881 trem berkuda digantikan dengan trem uap yang mampu melayani rute lebih jauh lagi.Sekitar 20 tahun kemudian munculah trem listrik. Masa kejayaan trem listrik berakhir pada 1960 karena presiden Indonesia pada saat itu yaitu Ir. Sukarno mengaggap bahwa trem kurang cocok untuk berada di wilayah Jakarta. Beliau lebih menginginkan adanya Metro atau kereta bawah tanah.
i.        Sampan
Sampan adalah sebuah perahu kayu Tiongkok yang memiliki dasar yang relatif datar, dengan ukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi sungai dan danau atau menangkap ikan.
Sampan dapat mengangkut penumpang 2 - 8 orang, tergantung ukuran sampan.
Sampan ada kalanya memiliki atap kecil dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal permanen di perairan dekat darat. Sampan biasanya tidak digunakan untuk berlayar jauh dari daratan karena jenis perahu ini tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang buruk. Kata "sampan" secara harafiah berarti "tiga lembar papan" dalam bahasa Kanton, dari kata Sam (, tiga) dan pan (, papan). Kata ini digunakan untuk merujuk pada rancangan perahu ini, yang terdiri dari sebuah dasar yang datar (dibuat dari selembar papan); dua lembar papan lainnya dipasang di kedua belah sisinya.
Sampan masih banyak digunakan oleh penduduk di pedalaman Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Indonesia,Bangladesh, dan Vietnam. Sampan digerakkan dengan sepotong galah, dayung atau dapat pula dipasangi motor di bagian belakangnya.

2.      Kendaraan Zaman Sekarang
a)      Kereta Api
Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Meskipun propulsi historis mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk modern yang paling umum adalah mesin diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau rel tambahan. Sumber energi lain termasuk kuda, tali atau kawat, gravitasi, pneumatik, baterai, dan turbin gas. Rel kereta api biasanya terdiri dari dua, tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam campuran. Kata 'train' berasal dari bahasa Perancis Tua trahiner, dari bahasa Latin trahere 'tarik, menarik'.
b)     Kapal Laut
Kapal Laut adalah alat transportasi yang berfungsi untuk mengangkut penumpang dan barang di laut atau sungai, seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. 
c)      Kapal Feri
Kapal Feri atau kapal penyeberangan adalah alat transportasi laut berupa kapal berjarak jarak dekat berfungsi sebagai penyeberangan. Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong. Feri pejalan kaki dengan banyak pemberhentian, seperti di Venesia, kadang kala dikenali sebagai bis air atau taksi air.
d)     Pesawat Terbang
Pesawat terbang adalah alat transportasi udara berupa pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara.
e)      Helikopter
Helikopter adalah kendaraan transportasi udara berupa pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl. Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter mampu terbang di tempat, mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian, helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan darat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut helipad.
f)       Mobil
Mobil adalah alat transportasi darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (jumlahnya selalu genap), umumnya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak).
Semua alat transportasi memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya manfaat transportasi Manfaat Transportasi Menurut Utamo, transportasi memiliki fungsi dan manfaat yang terklasifikasi menjadi beberapa bagian penting. Transportasi memiliki fungsi yang terbagi menjadi dua yaitu melancarkan arus barang dan manusia dan menunjang perkembangan pembangunan (the promoting sector). Sedangkan manfaat transportasi menjadi tiga klasifikasi yaitu:
1.      Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya transaksi.
2.      Manfaat Sosial
Transportasi menyediakan berbagai kemudahan, diantaranya a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok, b) pertukaran atau penyampaian informasi, c) Perjalanan untuk bersantai, d) Memendekkan jarak, e) Memencarkan penduduk.
3.      Manfaat Politis
Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.
4.      Manfaat Kewilayahan
Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, atau pedalaman. 

D.    Simpulan dan Saran
1. Simpulan
            Alat transportasi pada zaman dahulu sampai dengan sekarang pastinya selalu mengalami perubahan dan setiap tahun alat transportasi itu selalu bertambah karena kebutuhan manusia yang yang selalu bertamabah dan manusia tidak pernah mengalami kepuasan lantaran mempunyai satu kendaraan itu bagi masyarakat tidak cukup, hampir semua masyarakat memiliki lebih dari satu alat trasportasi. Dengan banyaknya alat transpotasi yang di produksi membuat masyarakat lebih mudah melalukan apapun yang dia inginkan dan memudahkan masyarakat berjalan-jalan kemanapun yang di ingin sampai keluar negri pun bisa di tempuh karena adanya alat transportasi. Setiap tahun alat transportasi itu di produksi dan setiap tahun pula alat transportasi itu itu selalu banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.  

2. Saran
Semoga jurnal yang saya buatb bisa bermanfaat bagi semuanya, alasan saya mengambil judul tentang alat transportasi agar bisa menambah informasi dan pengetahuan masyarakat tentang perbedaan alat transportasi pada zaman dahulu dengan alat transportasi zaman sekarang, dan bisa mengetahui alat transportasi apa saja yang ada pada zaman dahulu, Sehingga bisa melestarikan alat transportasi pada zaman dahulu dan bisa menjadi inspirasi bagi parbik-pabrik yang akan membuat alat transportasi lagi dengan kita melihat alat transportasi pada zaman dahulu, 

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar