MENDESAIN KAFE DENGAN GAYA UNIK DARI VESPA
Oleh: Devi Sri Pandini
A. Abstrak
Di Indonsesia, kafe
berarti semacam tempat sederhana, teetapi cukup menarik dimana seorang bisa
makan makanan ringan. Namun dewasa ini bisnis kuliener yang semakin menjamur di
indonesia, membuat para pemilik kafe ekstra untuk bisa menarik pelanggan. Maka
dari itu muncullah kafe-kafe dengan tema-tema unik.
Strategi pemasaran kafe
sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage dengan baik,
bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah banyak
dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat
perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika
anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur.
Di era modern seperti sekarang ini, Kafe tidak hanya dijadikan untuk tempat
untuk makan dan minum, kafe sekarang-sekarang ini sudah menjadi tempat
bersantai dengan menyajikan fasilitas-fasilitas seperti pertunjukan music, WIFI
gratis dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan
strategi yang bagus, akan membuat kafe anda bisa lebih meningkatkan omset
penjualan kafe anda. Strategi yang akan kita bahas ini, akan membahas mulai
dari pemilihan lokasi, menata ulang koridor kafe, cara promosi, diskon dan
banyak yang lainya. Bagi anda yang sedang berusaha meningkatkan pengunjung kafe
anda maupun yang ingin meningkatkan omset penjualan kafe anda tidak ada
salahnya mencoba ide-ide kreatif seperti mendekor interior kafe anda dengan
tema vespa. selain sebagai ajang kekreatifan tema seperti ini memungkinkan kafe
anda akan diburu banyak pengunjung.
B. Pendahuluan
Manusia tidak adapat
dipisahkan dengan alat bantu yang biasa disebut transportasi, entah itu
tranportasi udara, laut maupun darat. Alat ini mampu membantu keefektifan dalam
aktifitas sehari-hari. Mengirim barang, memindahkan barang dari satu tempat
ketempat lain atau mempermudah kita menuju ketempat yang jauh seklipun yang
akan memakan waktu lama jika dilakukan dengan berjalan kaki. Dari berbagai
bentuk dan tranformasi yang di suguhkan salah satu diantaranya kita mengenal
kendaraan beroda dua dengan ciri umum meletakan mesin dibagian kanan motor dan
memiliki cangkang seperti keong, apalagi kalau bukan Vespa namanya. Vespa hadir
ketengah-tengah masyarakat indonesia dengan varian bentuk yang berbeda-beda.
Ada yang menyebutnya dengan vespa klasik, vespa standar, vespa piago, vespa
ceper dan yang baru-baru ini sedang hangat diperbicangkan adalah vespa ekstrim.
Vespa ekstrim tidak jarang di disign seperti motor ceper, akan tetapi lebih
antik lagi. Lebih panjang, lebih lebar dan lebih ekstrim sesuai dengan namanya.
Bagi anda seorang pecinta
vespa tidak akan lengkap jika menikmatinya tanpa duduk bersantai dengan makanan
dan minuman di hadapan anda. untuk itu cobalah membuka bisnis yang berbeda dari
yang lainnya. Selain sebagai ajang berkumpul bersama membuat kafe dengan tema
vespa akan menjadi pusat perhatian yang mendatangkan keuntungan bagi anda.
sebaiknya coba beberapa trik mendesian kafe anda dengan tema yang tidak banyak
di gunakan oleh kafe-kafe pada umumnya. Jika kebanyakan kafe disekitar anda
memilih tema dengan gaya gelamor, atau kebarat-baratan. Cobalah anda membuka
kafe dengan tema barang-barang antik seperti vespa.
Namun membukanya saja
tidaklah cukup kalau tidak di imbngi dengan strategi yang tepat. Strategi
pemasaran kafe sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage
dengan baik, bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah
banyak dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat
perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika
anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur.
untuk itu hal-hal yang serupa akan dibahas dalam penulisan kali ini. bagaimana
mendesain dengan tema vespa dan bagaimana pengaruhnya terhadap hasil penjualan.
C. Kajian
Teori
Ø Kafe
Menurut wikipedia, kafe
dari bahasa Prancis cafe. Arti secara harfiah adalah (minuman) kopi, tetapi
kemudian menjadi tempat dimana seseoranng bisa minum-minum, tidak hanya kopi,
tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkohol rendah. Di
Indonsesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, teetapi cukup menarik dimana
seorang bisa makan makanan ringan. Namun dewasa ini bisnis kuliener yang
semakin menjamur di indonesia, membuat para pemilik kafe ekstra untuk bisa
menarik pelanggan. Maka dari itu muncullah kafe-kafe dengan tema-tema unik.
Strategi pemasaran kafe
sangat penting bagi kemajuan kafe anda. Jika tidak dimanage dengan baik,
bisa-bisa kafe anda akan tergilas oleh kafe-kafe lain. Saat ini telah banyak
dan marak kafe-kafe yang berjejer di pinggir jalan maupun di pusat-pusat
perbelanjaan. tentu saja hal ini akan membuat persaingan semakin ketat jika
anda tidak melakukan strategi yang jitu agar para pelanggan anda tidak kabur.
Di era modern seperti sekarang ini, Kafe tidak hanya dijadikan untuk tempat
untuk makan dan minum, kafe sekarang-sekarang ini sudah menjadi tempat
bersantai dengan menyajikan fasilitas-fasilitas seperti pertunjukan music, WIFI
gratis dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan
strategi yang bagus, akan membuat kafe anda bisa lebih meningkatkan omset
penjualan kafe anda. Strategi yang akan kita bahas ini, akan membahas mulai
dari pemilihan lokasi, cara promosi, diskon dan banyak yang lainya. Bagi anda
yang sedang berusaha meningkatkan pengunjung kafe anda maupun yang ingin
meningkatkan omset penjualan kafe anda, anda bisa baca strategi pemasaran kafe
berikut ini :
Ø strategi
pemasaran kafe
Persiapan:
Beberapa hal yang harus
anda persiapkan untuk menerapkan strategi pemasaran kafe yang bagus adalah
sebagai berikut :
·
Pilihlah lokasi yang
strategis. Lakukan pertimbangan yang matang dalam hal ini karena pemilihan
lokasi dapat menentukan perkembangan kafe selanjutnya. Pilihlah lokasi yang
sedekat mungkin dengan pusat keramaian anak-anak muda, seperti sekolah, kampus,
dan sebagainya.
·
Dapatkan modal. Usaha
semacam ini memang diakui memerlukan jumlah modal yang cukup besar. Pengeluaran
awal untuk belanja dekorasi serta perlengkapan kafe bisa mencapai ratusan juta.
Untuk Anda yang memiliki modal yang pas-pasan, tentukan prioritas dalam desain
interior serta eksterior. Namun, jangan khawatir dengan semua ‘pengorbanan’ ini
karena jika usaha kafe Anda berjalan lancar, keuntungan bisa berlipat-lipat
dari modal awal.
·
Biaya operasional harus
diperhitungkan. Adalah sebuah keharusan untuk memasukkan perhitungan
pengeluaran operasional ke dalam catatan keuangan pengelolaan kafe Anda.
·
Jangan lupa untuk
mengadakan sebuah survei kecil untuk mengetahui menu apa yang harus Anda
sajikan bagi pengunjung. Anda bisa melakukannya dengan berkunjung ke kafe-kafe
lain, untuk melihat makanan apa yang paling laku. Bersiaplah dengan promosi
kafe dengan berbagai macam cara seperti pamflet, booklet, brosur,dan
sebagainya.
Mengelola kafe mustahil dilakukan seorang diri. Jika Anda
memang memiliki modal, rekrutlah 2-3 orang untuk membantu operasionalisasi
kafe. Namun jika modal yang Anda miliki terbatas, bisa juga Anda mengajak
anggota keluarga atau teman dekat untuk membantu Anda.
Langkah-langkah
marketing:
Promosikan kafe Anda dengan memperkenalkannya kepada
komunitas-komunitas tertentu, sesuai dengan segmen yang Anda bidik. Misalnya
jika Anda membidik pasar anak muda, akan lebih efektif berpromosi dalam
organisasi-organisasi, kampus, atau kantor yang dipenuhi mahasiswa atau
karyawan dengan segmen usia yang Anda sasar.
Promosikan secara konvensional (word of mouth / dari
mulut ke mulut). Walaupun terasa kuno, namun cara berpromosi seperti ini selalu
berhasil mengundang perhatian banyak orang untuk mengunjungi kafe Anda.
Milikilah sebuah kekhasan atau keunikan yang membuat orang tertarik. Pelayanan
yang cepat dan tempat yang nyaman mungkin bagi banyak orang adalah kekhasan
tetapi sesungguhnya bukan karena hampir semua kafe bisa melakukannya.
Gunakan layanan Short Message Service. Berikan sebuah
nomor yang bisa dihubungi dengan pesan singkat untuk layanan pesan-antar
makanan atau reservasi tempat.
Internet juga bisa menjadi media promosi yang efektif.
Buatlah mailing list atau iklan di situs. Atau lebih baik lagi jika kafe Anda
memiliki situs yang terus diperbarui kontennya, sehingga pelanggan tahu apa
saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda.
Keramahan Anda dalam melayani pelanggan tidak bisa
disepelekan. Jangan segan-segan menemui pelanggan dan bercakap-cakap dengan
mereka untuk mengetahui saran dan keluhan yang mereka miliki.
Memiliki menu unik akan menambah daya tarik kafe Anda.
Untuk itulah Anda harus kreatif dan memiliki seorang koki atau juru masak yang
berani bereksperimen.
Perkembangan
kafe di Indonesia sangat pesan sekarang ini, belum lagi ditambah dengan
munculnya kafe-kafe dengan menu yang semakin murah meriah. Tidaklah semua strategi
tadi harus anda lakukan semua, anda bisa memilah milah strategi mana yang cocok
untuk perkembangan kafe anda.
Ø Mendesain kafe
·
Ciptakan suasana dengan
warna
Warna merupakan
refleksi sesuatu. Warna yang Anda pilih akan berdampak pada suasana hati para
pelanggan. Orang datang ke kafe bukan hanya sekedar menikmati minuman dan
makanan, namun juga untuk menenangkan hati. Pemilihan warna akan membuat
pelanggan menjadi energik atau malah merasa tenang berada di kafe Anda.
Misalnya saja desain dengan nuansa warna biru muda yang dapat menciptakan
suasana tenang dan nyaman, bisa Anda padukan dengan warna lantai yang terang
dan energik, untuk menghindarkan dari kebosanan dan monoton.
Perpaduan lembut dan
dinamis akan membuat pelanggan betah berlama-lama berada di kafe karena ruang
yang luas untuk melepas beban. Jika aAda menginginkan suasana hangat dan lebih
intim, Anda bisa memberi warna coklat dan sedikit kesan kayu pada dinding kafe.
Semua bisa disesuaikan dengan tema dan selera yang ingin Anda terapkan.
·
Fokus pada dinding dan
langit-langit
Dinding dan
langit-langit adalah yang utama dalam mendekorasi kafe baru Anda. Jika merasa
bosan dan kurang senang dengan warna tembok yang biasa, Anda bisa menggantinya
dengan wallpaper atau wallcover yang sesuai dengan tema kafe yang diinginkan,
karena kafe tersebut adalah area untuk para tamu yang notabene adalah tempat
umum. Berikan kesan ramah dengan pengaplikasian wallcover yang elegan dengan
tekstur tertentu sesuai selera Anda.
Langit-langit kafe juga
harus mendapat perhatian, karena akan mendukung tampilan tembok yang sudah Anda
desain. Hal ini akan semakin menguatkan pesan dan kesan apa yang ingin
ditunjukkan pada para tamu. Langit-langit kafe bisa Anda buat transparan,
sehingga jika malam hari, para tamu akan bisa melihat suasana temaram bertabur
bintang.
·
Pilih lantai yang penuh
gaya
Antara dinding, langit-langit dan lantai,
memiliki hubungan unik yang bisa Anda manfaatkan untuk semakin mempertegas
karakter yang seperti apa yang ingin disampaikan pada pelanggan. Jika Anda
tidak menginginkan lantai ang mencolok, Anda bisa memilih warna yang netral
dari bahan yang tidak terlalu memberatkan.
Hal ini dapat membuat
dekorasi pada tembok dan langit-langit semakin terlihat dan tajam serta dapat
memusatkan perhatian pada furniture yang ada di sekeliling. Kafe dengan lantai
kayu lebih memberi kesan alami yang menambah estetika. Anda bisa
mengaplikasikannya pada kafe, bisa pula diganti dengan keramik ataupun dilapisi
dengan karpet di semua sisi.
·
Buat poin penting di
sudut kafe
Dalam sebuah bangunan
pasti memiliki sudut penting yang difokuskan untuk didesain. Misalnya saja jika
Anda menginginkan sebuah kafe yang unik dengan nuansa vintage, bisa aAda desain
dibagian sudut ruangan dengan karya karya yang sedikit usang dengan dominan
warna kayu. Atau bisa Anda buat detail di bagian bar dengan hiasan yang kuno.
Detail desain yang seperti itu akan menambah suasana hangat dan homie, yang
bisa Anda pakai sebagai karakter yang ingin dibangun mengenai kafe Anda. Jika
menginkan jenis kafe yang terbuka dan berpadu dengan alam, bisa ditambahkan
kaca dengan rembesan air yang turun dari atasnya sehingga memberi nuansa sejuk
yang menyenangkan.
·
Fokus pada lampu
Lampu bisa membawa Anda
pada suasana baru yang lebih menenangkan. Untuk desain pada kafe, lampu yang
tepat digunakan adalah warna kuning atau lampu pijar. Lampu pijar yang memberi
cahaya tak terlalu terang sehingga akan memberi eksotika tersendiri jika dipadu
dengan lantai kayu yang Anda aplikasikan sebelumnya. Lampu dalam ruangan dapat
pula Anda pilihkan dengan sedikit aksen kristal sederhana sehingga nantinya
kesan mewah masih terlihat. Kafe yang baik akan memberi pelayanan tempat yang
memuaskan untuk pelanggannya.
·
Hiasi dengan pajangan
dan karya seni
Karya seni akan membuat
kafe Anda memiliki warna dalam pelestarian seni dan budaya. Karya seni yang
Anda letakkan di sudut kafe akan lebih menarik pelanggan untuk mengamati dan
menikmatinya. Seni ini bisa berupa lukisan, hasil fotografi, dan kerajinan
gerabah yang bernilai tinggi. Barang-barang yang Anda pajang tersebut akan bisa
mengapresiasikan bentuk kecintaan pada kesenian. Hal lain yang bisa Anda pajang
di kafe sebagai pelengkap adalah foto-foto para pahlawan sebagai inspirasi yang
akan menjadi trademark kafe ke depannya. Sehingga selain dikenal pecinta
kesenian, Anda pun akan dianggap menghargai jasa para pahlawan.
·
Lengkapi dengan home
band
Walaupun tidak ada
penyanyi atau band yang akan menghibur di kafe Anda, ada baiknya menghiasinya
dengan peralatan band mulai dari gitar, organ, hingga drum. Ini sangat berguna
sebagai pelengkap kesan yang akan anda tunjukkan pada para tamu. Home band akan
bisa membuat tamu merasa nyaman dan betah berlama lama di kafe Anda karena adanya
hiburan yang mereka terima.
·
Beri ruang hijau
Banyak sekali kafe yang
bertebaran di daerah perkotaan yang selalu menggunakan aksen modernisme dan
berkilau untuk menunjukkan kelas mereka sebagai tempat berkumpul orang-orang
yang banyak uangnya. Anda harus bisa menyisipkan ruang hijau sebagai bagian
dari kafe Anda.
Jika tidak memiliki
tempat yang longgar, Anda bisa mengakalinya dengan menanam rerumputan di luar
pintu masuk. Rerumputan yang hijau akan membuat suasana menjadi sejuk dan tidak
panas. Keadaan seperti itu akan membuat para tamu semakin nyaman berada di kafe
Andaa
·
Bersatu dengan alam
Alternatif lain yang
bisa dipakai adalah dengan tidak memberi batasan dengan alam. Anda bisa membuat
kafe yang berbatasan langsung dengan alam yang indah dengan membuka jendela
besar yang ada dan menghilangkannya sehingga antara alam dan bangunan seakan
tidak ada jarak. Tempat yang dibuat menyatu dengan alam akan lebih menyenangkan
untuk disinggahi. Kafe menjadi tempat dan sarana bergaul yang menjadi idola.
Hal ini karena kafe menyediakan tempat yang nyaman yang bisa digunakan untuk
berbincang dan membahas berbagai hal yang diinginkan. Tata ruang yang ada akan
menambah daya tarik dan kenyamanan untuk para tamu. Jika ingin bisnis kafe Anda
semakin maju dan memiliki banyak pelanggan, ada baiknya Anda mencoba untuk
menata ulang interior dan tata ruang kafe Anda.
Hal ini karena kafe
yang dijual adalah mengenai kenyamanan tempat dan makanan yang disajikan. Anda
bisa mengunggulkan keduanya sebagai nilai jual, ataupun salah satunya. Namun
yang paling penting adalah tempat nyaman yang memiliki desain dan perabot unik
yang nantinya bisa membuat pelanggan betah berlama lama berada di sana.
Ø Vespa
Bagi pengguna
kendaraan bermotor pasti mengenal dan pernah mendengar kata “vespa”, vespa
adalah motor tua yang sangat familiar, scooter tua yang masih eksis
sampai di era modern ini masih sering terlihat menghiasi jalan-jalan di Ibu
kota, bentuk body yang unik dan design yang menarik membuat vespa tetap
diminati dan menjadi pusat perhatian di jalan.
vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, inilah
yang membuat vespa bisa bertahan sampai sekarang, bentuk body yang unik dan
sejarah yang dimilikinya, membuat vespa berbeda dengan kendaraan roda dua
lainnya, para pengguna vespa dari jaman dulu sampai sekarang terus bertambah,
karena vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, maka muncul lah
komunitas-komunitas vespa di Indonesia, inilah yang membuat perkembangan vespa
sangat pesat di Indonesia.
Inilah
Sejarah Vespa Piaggio dan Perkembangan Model Vespa Klasik ke Modern
·
Sejarah Vespa Berawal
dari Pabrik Pesawat Terbang
Pasti
Anda tahu Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor Vespa.
Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 di Genoa. Pada awalnya
pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya
waktu, Piaggio juga memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api, mobil vans,
trem, dan body karoseri truk. Perang Dunia ke I berpengaruh juga pada
perkembangan Piaggio yang memproduksi pesawat terbang. Pada tahun 1917 Piaggio
membangun pabrik di Pisa tepatnya di Pontedera dan menjadi pusat produksi
pesawat (propellers, mesin pesawat, dan aircraft) hingga setelah Perang Dunia
II lahirnya produk otomotif yang fenomenal yaitu Vespa.
Sejarah
Vespa Piaggio
Perang
Dunia ke II menjadikan perekonomian Italia sangat terpuruk. Hal ini juga
berimbas pada Piaggio. Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa
dibom oleh pasukan sekutu. Walaupun pabriknya sudah hancur dibom, perusahaan
ini tidak berhenti saat itu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya
melanjutkan perusahaan ini. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan
produksi pesawat terbang dan beralih memproduksi alat transportasi yang
dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan harga terjangkau.
·
Photo credit (Prototype
Vespa MP5/Paperino)
Enrico
Piaggio menggandeng insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk
membuat desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah
sebuah prototype Vespa yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang
Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang
seperti bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan
meminta Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.
·
Vespa MP6 Prototipe
Corradino
D’Ascanio sendiri tidak suka dengan desain model motor yang umum karena membuat
pakaian menjadi kotor saat mengendarainya terutama celana yang sering terkena
rantai dan mesin motor. Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan
bermotor yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa
rantai dan mempunyai body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia
juga meletakkan perpindahan gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda
depan mirip pesawat dengan satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model
vespa ini diberi nama MP6 dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai
Vespa (bahasa Italia artinya lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi
model vespa berikutnya.
§ Sejarah Masuknya Vespa
di Indonesia.
·
Vespa Kongo
Tahukah
Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT
Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa
saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah
Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun,
seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur.
Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB
200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa
hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo.
Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih
kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.
Model Vespa Klasik dan Model Vespa
Modern Sekarang
Pada
awal-awal pembuatan Vespa hanya mempunyai kapasitas mesin sebesar 98 cc dan
kecepatan hanya sekitar 65 – 75 km/jam. Seiring berjalannya waktu Vespa terus
berkembang, hingga tahun 1955 diproduksi Vespa pertama yang mempunyai kapasitas
mesin 150 cc dan mempunyai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Vespa 150 GS.
Vespa
GS (Photo credit)
Model
Vespa tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuat, hanya pada letak lampunya
saja yang berubah yang awalnya terletak di spakbor roda depan menjadi di bagian
stang Vespa. Model Vespa yang paling banyak digemari adalah Vespa Sprint, Vespa
PX, dan Vespa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio pertama kali mengeluarkan
produk Vespa Matic (automatic transmission) yang disebut Vespa PK 50S
Automatic.
Vespa
PK 50S (Photo credit)
Vespa
4 tak yang pertama kali dibuat adalaha Vespa ET 125cc pada tahun 1996
bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun Vespa.
Vespa
ET4 125 cc (Photo credit)
Memasuki
millennium ke-20, Piaggio membuat produk Vespa yang memenuhi standar emisi Euro2
seperti Vespa ET, Vespa GT, Vespa GTS, Vespa PX 125, Vespa LX 150,
Vespa
Sprint 125, dan Vespa Primavera.
Terakhir, model
vespa yang akhir-akhir ini sdengan banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas
khususnya di Indonesia, yaitu vespa Ekstrim. Yaitu kendaraan dengan bnyak
varian betuk dengan posisi duduk sejajar antara tubuh dan kaki. Vespa yang satu
ini memiliki bodi yang super pendek, kadang memanjang dan lebar terserah selera
pemakai. Hanya beberapa saenti saja dari permukaan jalan sehingga bukan vespa
ekstrim kalau tidak bergesekan dengan pemotong jalan atau polisi tidur.
Biasanya body vespa ini dihias dengan sampah atau barang-barang yang sudah
tidak terpakai. Entah itu ditemukan dijalan atau memang sengaja dipasang dari
barang-barang rumah yang sudah tidak layak pakai. Hal seperti ini yang
menimbulkan kesalah pahaman, etikad baik pengguna vespa ini tidak jarang
menimbulkan kontroversi bagi masyarakat yang pro dan kontra terhadap mereka.
D. Analisis Pembahasan
Bagi anda pemula usaha
kafe, sebaiknya coba beberapa trik mendesian kafe anda dengan tema yang tidak
banyak di gunakan oleh kafe-kafe pada umumnya. Jika kebanyakan kafe disekitar
anda memilih tema dengan gaya gelamor, atau kebarat-baratan. Cobalah anda
membuka kafe dengan tema barang-barang antik seperti vespa. Selain sebagai
suasana yang baru, kafe seperti ini akan menjadi peluang besar bagi anda untuk mengundang orang-orang
untuk datang ke kafe, terutama bagi mereka yang punya hobi bervespa. Buat
suasana senyaman mungkin, lengakpilah dengan fasilitas yang menunjang kekhasan
kafe anda.
Cara-cara
mendesain kafe dengan tema vespa, yaitu :
1. Cari
tempat yang strategis dan usakan dekat dengan keramaian.
2. Mulailah
dengan berinfestasi dengan membeli beberapa vespa atau barang-barang antik
lainnya untuk dijadikan koleksi unik di dalam kafe anda.
3. jika
tidak, bisa anda ganti dengan seni mengecat beberapa bagian dinding anda dengan
gambar vespa dan hal sejenisnya.
4. Pastikan
semua ruangan tertata rapi penuh dengan keunikan.
5. Kumpulkan
beberapa aksesoris-aksesoris yang berkenaan dengan vespa.
6. Susun
menu-menu koleksi kafe anda dengan variasi nama-nama yang biasa digunakan
pengguna vespa. Misalnya saja anda menyediakan menu eskrim troble, yaitu eskrim
dengan berbagai rasa. atau variasi-variasi nama lainnya yang membuat menu anda
terlihat lebih menarik lagi.
7. Sediakan
hospot atau WIFI.
8. Tambahkan
juga dengan alat-alat musik sebagai sarana pelengkap fasilitas kafe anda.
9. Berikan
pelayanan terbaik dengan mengonsep pelayan agar menggunakan 4S1R (senyum, sapa, sopan, santun,
ramah)
10. Buatlah
strategi pengundian hadiah setiap minggu atau bulan sebagai bentuk penghargaan
terhadap pelanggan setia kafe, dan lain sebagainya.
11. Bisa
juga dengan memberi hadiah terhadap kendaraan terunik milik pengunjung.
12. Sebar
informasi sebanyak-banyaknya mengenai kafe vespa ini melalui sosial media,
brosur, atau bersosialisasi langsung ke tempat-tempat terbuka seperti taman dan
temapt-tempat lain yang ramai. Terutama kepada pengguna-pengguna vespa.
13. dan
yang paling khusu di kafe vespa ini adalah atur strategi tempat duduk dengan
terbuka. wajibkan setiap pengunjung untuk saling kenal satu sama lain.
Hal-hal yang harus diwaspadai :
Mengingat bahwa
pelanggan kafe anda tidak hanay pengguna vespa saja, melainkan masyarakat umum.
Terlebih dahulu anda memikirkan resiko atas bisnis seperti ini. Terkadang orang
selalu menilai dari apa yang tampak dari pada menilai dari apa yang diketahui,
misalnya ada saja pelanggan yang terlalu sensitif terhadap sikap atau
penampilan dari komunitas pengguna vespa
lalu memilih meninggalkan kafe anda, tentunya kemungkinan-kemungkinan
seperti itu akan membuat kalian menjadi bingung. Oleh karena itu buat peraturan
seadil mungkin, sekreatif mungkin dan usahakan menabah nilai jual kafe anda.
Peraturan-peraturan
yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut:
1. Wajibkan
kepada setiap pengunjung kafe anda untuk menaati peraturan yang ada.
2. Bersikaplah
disiplin terhadap siapa saja yang datang.
3. Dilarang
membuat kekacauan atau keributan sekecil mungkin.
4. Pengunjung
boleh melapr kepada pihak kafe jika mengalami ketidak nyamanan yang ditimbulkan
oleh pengujung lain.
5. Manfaatkan
kafe ini sebagai ajang pengikat silahturahmi seluruh pengunjung. Dengan selogan
“Satu vespa sejuta saudara ”, arti saudara disni bukan sekedar pengguna vespa
saja melainkan seluruh pengunjung, agar bisa sama-sama merasakan nikmatnya
kebersamaan tanpa ada jarak.
6. Peringatkan
setiap waktu agar pengunjung anda ikut berpartisipasi menjaga kebersihan dan
kerapihan kafe melalui tulisan “sadar lingkungan bersama vespa” atau
tulisan-tulisan lain yang menunjang makna yang sama. Hal seperti ini
memungkinkan munculnya sikap saling tenggang rasa setiap pengunjung.
7. Dilarang membawa, menjual, atau menggunakan
yang sifatnya terlarang. Misalnya minuman keras, obat terlarang, atau
lain-lainnya.
Sehubungan dengan minat-minat masyarakat akhir-akhir ini
yaitu mengunjungi setiap temapat yang baru, yang dirasa unik dan menarik. Entah
itu dari sajian menunya, pelayanannya atau juga dari temapat dan keunikannya.
Strategi yang tepat, pemilihan tema yang unik dan ide-ide cemerlang lainnya
yang digunakan dalam mendesain kafe vespa diatas bisa kalian coba untuk meraih
peruntungan di dunia bisnis ini. selamat mencoba dan rasakan sensasi yang
berbeda. semoga saja ide-ide seperti ini dapat dikembangkan dan menjadi
inspirasi bagi perintis-perintis pebisnis muda di indonesia dan sebagainya.
E. Penutup
simpulan
untuk anda penggemar
vespa tetapi kurang lengkap jika tidak ada makananatau minuman yang mendampingi
anda bersantai. cobalah memulai bisnis membuka kafe. selain sebagai ajang
silatuhrami, bisnis ini juga bisa saja membawa keuntungan bagi anda sendiri.
Buatlah desain kafe anda dengan menarik dengan tata ruang yang ada akan
menambah daya tarik dan kenyamanan untuk para tamu. Jika ingin bisnis kafe Anda
semakin maju dan memiliki banyak pelanggan, ada baiknya Anda mencoba untuk
menata ulang interior dan tata ruang kafe Anda dengan tema Vespa. Hal ini karena kafe yang dijual adalah
mengenai kenyamanan tempat dan makanan yang disajikan. Anda bisa mengunggulkan
keduanya sebagai nilai jual, ataupun salah satunya. Namun yang paling penting
adalah tempat nyaman yang memiliki desain dan perabot unik yang nantinya bisa
membuat pelanggan betah berlama lama berada di sana.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.bisnishack.com/2014/10/9-cara-mendesain-interior-kafe-agar.html?m1 (diakses pada tangal
28 Desember 2015)
http://www.kultwit.info/sejarah-vespa-dan-masuknya-vespa-ke-indonesia-dari-masa-ke-masa/ (diakses pada
tanggal 28 Desember 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar